Korps Marinir sebagai bagian dari Sistim Senjata Armada Terpadu (SSAT) TNI Angkatan Laut mendapat tambahan senjata baru RM-70 Multi Launch Rocket System (MLRS) Kal.122 MM Vampire sebanyak delapan pucuk. Penyerahan senjata baru tersebut dilaksanakan oleh Perusahaan Excalibur Army kepada TNI Angkatan Laut, dengan mendatangani berita acara serah terima yang dilakukan oleh Direktur Perusahaan Excalibur Army Mr. Michal Melicharek, Kadisadal Laksamana Pertama TNI Prasetya Nugraha, St., Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P, dan Dankormar Brigjen TNI (Mar) RM. Trusono, S.Mn, yang disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi, S.E., M.A.P, di Titik Tinjau T.12 Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (2/8/2016).

Selain 8 pucuk RM-70 Multi Launch Rocket System (MLRS) Kal.122 MM Vampire, TNI AL juga mendapatkan 1 unit Battalion Combat Vehicle, 2 unit Ammunition Vehicle, 1 unit Recovery Vehicle, 1 unit Fuel Tank Vehicle dan 2 unit Aligator Vehicle.

Sebelum penyerahan kesenjataan tersebut didahului dengan demo penembakan RM-70 Multi Launch Rocket System (MLRS) Kal.122 MM Vampire dari garis tembak yang berada di depan garase Kavaleri Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran. Demo penembakan tersebut disaksikan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P beserta rombongan dari Titik Tinjau T.12.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan, pengadaan 8 unit MLRS Vampire beserta kelengkapannya tersebut untuk melengkapi kebutuhan 2 Batalyon MLRS Korps Marinir sejumlah 36 unit, dimana saat ini baru tersedia 8 unit. Secara bertahap kebutuhan MLRS akan dilengkapi sampai dengan 2 Batalyon, disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Sebagai persenjataan untuk sasaran dan pertahanan area, lanjutnya, MLRS harus memenuhi standard akurasi, keandalan dan performa. Dengan kesenjataan tersebut diharapkan akan menumbuhkan moril yang tinggi bagi prajurit pengawaknya. Oleh karena itu, sebelum dilaksanakan serah terima telah diadakan uji tembak di pabrik pembuat Republik Ceko dan di Puslatpur Marinir Baluran, Situbondo dengan hasil baik.

MLRS Vampire sebagai bentuk modernisasi alutsista Korps Marinir, merupakan integrasi dari beberapa subsistem yang dapat melaksanakan fungsi pencarian dan pengintaian sasaran, pengukuran medan dan meteorologi, komunikasi, logistik, komando dan kendali serta penembakan. Dengan integrasi tersebut, senjata tersebut mampu melaksanakan bantuan tembakan untuk mendukung manuver pasukan dalam operasi amfibi, pertahanan pantai dan pengamanan daerah perbatasan rawan konflik. Dengan kehadiran alutsista ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tempur Korps Marinir dalam menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks.

Diakhir sambutannya, Kasal mengucapkan terima kasih kepada Excalibur Army Republik Ceko atas kerjasama yang terjalin dengan baik dan kepada segenap jajaran Korps Marinir. Disamping itu, Kasal juga mengintruksikan kepada Korps Marinir untuk senantiasa memelihara dan mengoperasikan MLRS Vampire sebaik mungkin.

“Rawat dan jagalah kesiapannya, agar dapat berfungsi optimal sesuai fungsinya, serta mencapai usia pakai yang diharapkan, hal itu merupakan wujud tanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan Negara kepada TNI Angkatan Laut,” tegasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan replika MLRS dari Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P kepada Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) R.M Trusono, S.Mn., dilanjutkan dengan foto bersama dan meninjau kesenjataan MLRS Vampire yang berada di titik tinjau T12. (sp/foto: istimewa)

297 total views, 1 views today

Comments

comments