Bendera Indonesia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) gagah berkibar di depan Grand Convextion and Exibition Hall, Grand City pada Minggu (24/7). Momentum pengibaran bendera ini sekaligus menandai dimulainya pelaksanaan Preparatory Committee 3 (Prepcom 3) yang akan digelar mulai tanggal 25 hingga 27 Juli di Surabaya.

Upacara pengibaran bendera ini dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Moeljono juga Sekretaris Jenderal Prepcom 3 for Habitat III, Joan Clos. Tak ketinggalan, hadir pula Walikota Surabaya Tri Rismaharini, beserta jajarannya, juga perwakilan beberapa delegasi negara yang tergabung dalam UN Habitat.

Dalam sambutannya, Basuki mengucapkan selamat datang kepada para delegasi dari seluruh negara. Tak lupa, ia juga berharap semua peserta dapat meningkatkan spirit dalam mengatasi permasalahan urban. Yang mana, hasil dari PrepCom 3 ini nantinya dapat dibawa ke puncak acara di Ekuador Oktober mendatang.

Konferensi UN Habitat diselenggarakan guna bersama-sama membahas isu lingkungan perumahan dan perkotaan. PrepCom sendiri rutin digelar 20 tahun sekali. Mengangkat isu pemukiman untuk semua, PrepCom pertama kali digelar di Kanada pada 1976, kemudian di Turki tahun 1996 yang membahas perataan pemukiman di era urbanisasi, dan Oktober 2016 di Ekuador.

Sebelum pelaksanaan konferensi utama di Ekuador, terdapat rangkaian acara. Ada tiga PrepCom pemanasan yang telah diadakan, PrepCom 1 di New York, PrepCom 2 di Nairobi, Kenya, dan PrepCom 3 di Surabaya.

Menyambut pagelaran akbar ini, banyak festival yang akan digelar di Surabaya. Mulai dari Kite Festival, Kalimas Festival, Tunjungan Festival, hingga festival yang diselenggarakan di taman seperti Jayengrono Festival dan Bungkul Festival.

naskah dan foto : hilda meilisa rinanda

209 total views, 1 views today

Comments

comments