Aktivitas konser offline terhenti sama sekali sejak awal pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Sekalipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai dilonggarkan dan pusat perbelanjaan serta kafe-kafe sudah bisa beroperasi lagi, namun aktivitas konser musik belum dapat diselenggarakan sampai sekarang.

Seperti halnya salah satu studio musik di Surabaya, Rakato namanya. Rakato adalah satu-satunya studio musik yang menyelengarakan konser online dengan cara streaming melalui siaran langsung.

Ruangan yang awalnya adalah cafe ini, diubah sedemikian rupa menjadi ruangan untuk konser online sejak pandemi berlangsung. Di ruangan tersebut banyak terdapat peralatan dan perlengkapan untuk keperluan konser online, alat seperti instrumen musik, kamera, lighting, monitor, mixer, dan masih banyak lagi.

Konser tersebut digelar dikarenakan keuangan Rakato menurun dengan drastis. Maka dari itu mereka memberanikan diri untuk menggelar konser secara online. Biaya yang mereka dapatkan berasal dari biaya registrasi masing-masing band yang ingin mengikuti konser online tersebut.

naskah dan foto : Regina Auggie Aurora | Himmarfi

 452 total views,  1 views today

Comments

comments