Menyemarakkan Hari Pahlawan, Harian KOMPAS bersama House of Sampoerna menyelenggarakan pameran fotografi jurnalistik bertema ‘Paradoks Kemerdekaan Indonesia’, 10 November hingga 3 Desember 2016, di Art Gallery, House of Sampoerna Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Dalam pameran ini, pengunjung diajak untuk menikmati 75 potret rekaman paradoks kemerdekaan Indonesia yang saat ini telah mencapai 71 tahun. Seperti ketimpangan pembangunan antara timur dan barat, desa dan kota, lebarnya kesenjangan sosial, social trust hingga tantangan kedaulatan Indonesia di bidang ekonomi.

Tema ini dipilih untuk membuka mata kita, bahwa masih banyak pekerjaan rumah pembangunan Bangsa Indonesia yang ada disekitar kita yang tanpa disadari harus terus diperjuangkan kemerdekaanya.

Rangkaian foto yang ditampilkan merupakan refleksi atas tantangan bangsa yang harus diselesaikan dengan kemauan dan segenap kemampuan baik pemerintah maupun rakyat Indonesia demi menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka.

Pameran foto nantinya juga diwarnai dengan Diskusi Foto bertema perjuangan pada 3 Desember 2016, bersama pewarta foto senior Harian Kompas Agus Susanto dan Iwan Setiawan. Diskusi fotografi ini mengajak peran masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk turut berkontribusi menyebarkan semangat baik dan positif perjuangan bangsa melalui potret paradoks di sekitar kita.

foto : mamuk ismuntoro

 333 total views,  1 views today

Comments

comments