Tahun Baru Imlek 2567 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan dilakukan masyarakat Tionghoa untuk menyambut Tahun Baru Imlek dengan Shio Monyet ini. Salah satunya di Klenteng Fuk Ling Miau, Gondomanan, Yogyakarta.

Di tempat ini, kesibukan mulai sangat terasa. Diantaranya, mencuci patung dewa dewi atau biasa disebut dengan ritual Kimsin. Selain itu, mereka juga membersihkan abu di dalam panci yang biasanya digunakan untuk memasang dupa.

“Waktu pencucian patung dewa dewi ini pun tidak boleh dilakukan sembrangan. Ada beberapa proses ritual yang perlu diperhatikan,” ujar Angling Wijaya, Ketua Klenteng Fuk Ling Miau, saat ditemui awak indonesiaimages.net beberapa waktu lalu.

Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, setiap tahun menjelang Imlek, para dewa yang ada di bumi berkumpul di atas langit untuk berkumpul dan melaporkan semua peristiwa di bumi selama setahun terakhir.

Menurut Angling Wijaya, patung dewa dewi dibersihkan dan dimandikan setelah mereka naik ke atas langit. Setiba kembali di bumi, baru bisa dibersihkan.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALLERY

508 total views, 1 views today

Comments

comments