Berbekal mandat khusus kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau dikenal juga sebagai Indonesia Eximbank, maka BUMN dan swasta dapat meningkatkan perluasan pasar ekspor ke negara-negara prospektif seperti kawasan Afrika, Asia Selatan, dan Amerika Selatan.

“Saya juga mengajak pemerintah negara-negara tersebut untuk menjalin kerjasama dengan LPEI dalam rangka mendorong ekspor,” terang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, seperti ditulis di laman fanspage Facebook-nya, Senin (15/10/2018).

Kepada Menteri Keuangan Afrika, Asia Tengah dan Timor Leste, tambah Menkeu, secara khusus ia meminta untuk dapat memperkuat hubungan perdagangan dan investasi.

Sebelumnya, Menkeu menghadiri Business Luncheon on Indonesia Financing Scheme di tengah Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018 di Nusa Dua Bali, Minggu (14/10/2018). Ia hadir dalam forum ini untuk membahas bentuk dukungan pemerintah Indonesia kepada industri strategis untuk melakukan ekspor ke negara prospektif, melalui skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE) oleh LPEI.

Dijelaskan perempuan paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi Majalah Globe Asia edisi Oktober 2007 ini, LPEI dibentuk untuk memperkuat pelayanan kepada sektor swasta dalam hal pembiayaan. LPEI juga telah mengembangkan instrumen pembiayaan dalam skema syariah.

“Investasi dan ekspor merupakan dua kunci yang menjadi perhatian pemerintah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Menkeu, serangkaian kebijakan fiskal pun dikeluarkan oleh Pemerintah Dalam hal ekspor, maka LPEI ditugaskan khusus untuk mendukung program ekspor nasional atas biaya pemerintah, melalui program PKE.

“Kesiapan industri strategis Indonesia untuk ekspor meliputi konstruksi, farmasi, pesawat udara, kereta api, dan pertambangan, yang telah memiliki daya saing untuk turut meramaikan perdagangan internasional dan investasi luar negeri,” paparnya.

Dalam kesempatan itu LPEI memperlihatkan implementasi kongkret program PKE dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Timah Tbk. dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk pengerjaan proyek bersama dan komitmen LPEI untuk memberikan dukungan pembiayaan investasi serta modal kerja ekspor. (sp/rizki dwi pd | foto : fb smindrawati)

2,279 total views, 2 views today

Comments

comments