Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, warga Wisma Penjaringan Sari (WPS) punya gawe khusus dengan menggelar Pasar Nol Kilometer (PNK) ‘1 Tahun Perjalanan’, Minggu (9/5/2021) malam. Sebelumnya, event spesial ini digelar 2 Mei 2021 di lokasi yang sama, Jl Pandugo Baru, Wisma Penjaringan Sari (WPS).

Dalam gelaran ini ada beberapa event spesial, seperti berbagi paket sembako hasil donasi, kontes foto, bagi-bagi pupuk cair ‘Penjaringan6’, pengadaan photobooth untuk selfie, dan masih banyak lagi.

Dijelaskan Sonny Adinawan, Koordinator PNK, selama event, tim juga memajang dua penghargaan yang diperoleh di satu tahun perjalanannya. Masing-masing Beritajatim Award dan Anugerah Jurnalisme Warga 2020. Penghargaan pertama diberikan khusus untuk kiprah yang berhubungan dengan PNK, ke dua penghargaan untuk web penjaringan5.id, media informasi warga WPS.

“Penghargaan ini makin memotivasi kami agar terus bergerak maju untuk menebar manfaat,” jelas Wawan, panggilan akrabnya. Karena dengan demikian, lanjutnya, PNK dalam perjalanannya sudah mendapat perhatian lebih dari masyarakat, tidak hanya dari WPS tapi juga seluruh Indonesia.

Apalagi kehadiran PNK di perumahan lama Surabaya Timur ini juga menyemangati munculnya gagasan-gagasan kreatif lain. “Kondisi pandemi Covid-19 juga jadi pemicu banyak kegiatan sosial di kampung kami yang dimotori PNK,” tegasnya. Kegiatan sosial yang dimaksud, selain bagi-bagi sembako untuk mereka yang membutuhkan, juga upaya pemberdayaan usaha kecil menengah.

Dijelaskan Wawan, secara terbuka, PNK bergerak dengan menggandeng pelaku UMKM lewat penyediaan ruang display kala gelaran bazar, dukungan promosi di web penjaringan5.id, forum diskusi warga, dan lain sebagainya.

Langkah PNK yang digelar kali pertama pada 3 Mei 2020 ini dipuji Dr. H. Mohammad Sudjak M.Ag, tokoh masyarakat WPS yang juga tercatat sebagai Ketua Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

“Di awal berdirinya PNK saya sempat menyampaikan harapan. Agar tim PNK bisa istiqomah. Dan ternyata kawan-kawan ini berhasil. Pasar Nol Kilometer, luar biasa,” tandas Ketua Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini.

Ia mengingatkan, langkah PNK ini sebaiknya tidak berhenti sampai di sini. Karena apa yang dilakukan PNK terbukti memberi manfaat bagi banyak orang, khususnya warga WPS yang membutuhkan. “Terlebih di masa pandemi yang memberi dampak signifikan pada kualitas ekonomi sebagian besar masyarakat.

 555 total views,  2 views today

Comments

comments