Memasuki perhelatan ke tiga, Pesta Sains atau Fête de la Science, festival sains tahunan yang diadakan oleh Institut Français Indonesia (IFI), digelar dengan tema ‘Makanan dan Kita’. Pesta Sains akan diselenggarakan pada periode September hingga Desember 2016 di Surabaya, Malang, Jombang, Makassar, Jogjakarta, Jakarta, Bandung, Denpasar dan Medan.

Pesta Sains membuka akses sains agar lebih dekat dan dapat mudah dipahami oleh masyarakat. Ditujukan untuk semua kalangan, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa, acara ini akan diselenggarakan di seluruh jaringan Prancis di Indonesia. Masing-masing di Institut Français Indonesia (Surabaya, Jogjakarta, Jakarta dan Bandung), Alliances Française (Bali dan Medan), Warung Prancis (WP) dan perguruan tinggi mitra serta lembaga, organisasi, komunitas dan mitra di masing-masing kota.

Acara utama Pesta Sains 2016 adalah pameran interaktif ‘Bon Appétit’ oleh Cité Nature, sebuah pusat budaya sains dari Prancis. Pameran akan ditampilkan berkeliling seluruh di jaringan IFI dimulai dari Surabaya, 2 hingga 17 September, Jogjakarta (23 September – 8 Oktober), Jakarta (14 – 29 Oktober), Bandung (4 – 19 November) dan Alliance Française (AF) Bali (25 November – 10 Desember).

Selain pameran utama, Pesta Sains yang dibuka Jumat (2/9/2016) pada pukul 14.30 di Galeri AJBS, Jl. Ratna 14 komplek AJBS Surabaya ini juga menampilkan pameran yang dibuat oleh lembaga penelitian Prancis, CIRAD dan IRD, berjudul ‘Tanaman dan Manusia’.

Acara lain yang disiapkan adalah pemutaran film box office yang juga memenangkan penghargaan sebagai Film Dokumenter Terbaik dalam César Award 2016 Prancis, berjudul ‘Demain’ atau ‘Tomorrow’.

IFI maupun AF di masing-masing kota memiliki mitra festival masing-masing. Di Surabaya, IFI bekerjasama dengan antara lain perguruan tinggi Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Kristen Petra, dan Universitas Narotama. Mitra festival lain adalah organisasi atau komunitas diantaranya C2O Library, Surabaya Sehat, Komunitas Organik Indonesia, restoran Citrus Lee.

Acara Pesta Sains 2016 di Surabaya terdiri dari pameran sains interaktif, pameran fotografi kuliner, pemutaran film, seminar, aktivitas sains di sekolah-sekolah, pasar organik, demo memasak. (sp/foto : istimewa)

213 total views, 1 views today

Comments

comments