Bertempat di Bukit Bunda di Kec Kademangan, Kab Blitar 300 an anggota Rampak Sarinah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres no 1 yaitu Jokowi – Makruf Amin. Deklarasi diadakan pada Hari Selasa (16/12/18) yang lalu.

Deklarasi diawali dengan pemaparan Eva Sundari, penggagas gerakan Rampak Sarinah terkait kinerja Jkw-jk terhadap kelompok perempuan. “Ada 10 an juta perempuan dijadikan penerima manfaat langsung dari Program PKH. Selain itu telah ada 4 juta lebih perempuan pengusaha baru di bisnis mikro yang mendapat kredit antara 2-10 juta tanpa agunan dari PNM, Permodalan Nasional Madani”.

Selain itu, kesuksesan pemerintah dalam mengendalikan harga sehingga inflasi rendah sangat menolong para ibu yang setiap hari bergelut dengan kebutuhan-kebutuhan praktis. Pengendalian living cost yang rendah adalah sikap responsive pemerintah terhadap para perempuan yang jadi manager rumah tangga pengatur pengeluaran untuk sekolah, kesehatan, transportasi, pangan, sandang dll. “Bisa dibayangkan bagaimana bersukanya para ibu Papua dengan kebijakan satu harga BBM dan adanya tol laut yang menekan harga-harga kebutuhan dasar di Indonesia Timur,” ujar Eva Sundari.

Eva Sundari juga mengingatkan bahwa skema proteksi sosial dalam PKH terbukti efektif berkontribusi pada pengurangan kemiskinan secara signifikan hingga satu digit (9,8%). “Jangan lupa, bahwa perempuan paling rentan untuk menjadi jatuh miskin. Sehingga program dana desa, sertifikasi tanah sebesar 10 jt ha, dan kehutanan sosial 35 ha juga berdampak pada perbaikan status perempuan,” kata Eva menjelaskan kebijakan Jkw dari perspektif perempuan.

Kebijakan Jokowi-Ma’ruf ke depan yang akan fokus ke human investment programs, terutama untuk para perempuan dan para gadis meyakinkan kelompok perempuan atas konsistensi jkw terhadap pemihakan ke perempuan. “Setelah Jkw berhasil menaikkan IPM Indonesia ke jenjang cluster tinggi maka kita harus dukung trend kemajuan-kemajuan untuk rakyat berlanjut,” kata Eva memompa semangat para ibu.

Pada kesempatan tersebut, seluruh anggota Rampak Sarinah membaca deklarasi dukungan ke Jkw-KMA dipimpin Eva Sundari. Salah satu tekad gerakan Perempuan tersebut adalah melakukan kampanye positif dan mencerdaskan dari pintu ke pintu, dari hati ke hati.

Di akhir acara, para anggota Rampak Sarinah menyanyikan beberapa lagu dan menari bersama-sama mulai Mars Rampak Sarinah, Goyang Dayung, Meraih Mimpi dan lagu-lagu lokal. Para anggota Rampak Sarinah yang berdatangan dari Kediri, Tulungagung dan Blitar diingatkan untuk menjalankan strategi kampanye yang telah disusun per kelompok.

 297 total views,  1 views today

Comments

comments