Tanggal 14 Februari identik dengan Hari Valentine. Masyarakat di seluruh dunia memperingati hari yang identik dengan hari kasih sayang bersama pasangan kekasih ataupun keluarga.

Berbeda dengan Hari Valentine pada umumnya, di Sleman, Yogyakarta masyarakat terutama pecinta burung berkumpul untuk berkompetisi kicau burung yang bertajuk ‘Valentine Day PBI (Pelestari Burung Indonesia)’ di Taman Pemda Denggung Sleman, Yogyakarta, Minggu (14/1/2016).

“Valentine Day PBI ini merupakan salah satu dari empat lomba akbar tahunan yang digelar di Yogyakarta selain Piala Raja, Piala Pakualaman, dan Soeharto Cup,” ujar Samsul Hadi, Ketua Panitia Pelaksana.

Peresmian lomba dibuka oleh ketua PBI (Pelestari Burung Indonesia) Pusat, Bagio Rahmadi yang ditandai dengan pelesan puluhan burung kealam bebas. Setelah pembukaan, barulah para peserta mulai memasuki arena lomba dengan menggantung kandang burung.

Kicauan burung terdengar nyaring dan saling berbalasan saat sarung penutup kandang burung mulai dilepaskan oleh pemiliknya di arena lomba. Peraturan dalam lomba ini sangat ketat, peserta tidak boleh bersiul memanggil burung mereka ataupun mengepakkan tangan mereka dan peserta pemilik lomba tidak boleh berada didalam arena perlombaan saat berlangsungnya penilaian.

Menurut Astono, ketua PBI Bantul dan sekaligus ketua umum panitia, penilaian lomba kicau burung tidak hanya dinilai dari segi kicau burung saja, tetapi juga dilihat penampilan dan ketenangan si burung saat lomba berjalan.

Yang berbeda dari lomba sebelumnya, tahun ini panitia juga mengadakan kontes kecantikan untuk jenis burung Love Bird di dalam gedung Pemda Sleman.

Dalam lomba tahun ini panitia membuka tujuh kelas termasuk kelas bergengsi Valentine. Kelas utama ini dibedakan menjadi dua. Pertama terdiri atas anis merah, kacer, cucak hijau, cendet, murai batu, dan kenari. Kedua khusus untuk murai batu ring. Peserta lomba akan memperebutkan hadiah pembinaan sebesar Rp 6.000.000,00 serta bonus Rp 2.000.000,00 bagi pemenang juara satu.

Valentine Day PBI yang sudah diadakan ke 11 ini menjadi daya tarik masyarakat maupun wisatawan. Terlihat dari pengunjung yang memadati sisi samping arena lomba.

“Dapat informasi dari teman kalau ada lomba kicau burung di Sleman, jadi saya langsung ajak keluarga saya untuk nonton. Karena kicau burungnya bagus-bagus jadi saya suka,” ujar Afnan yang sengaja mengajak keluarganya dari Magelang untuk melihat lomba kicau burung.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALLERY

301 total views, 1 views today

Comments

comments