Pelabuhan Tanjung Emas kembali menerima kunjungan kapal MS Sea Princess asal Australia. Kapal yang memiliki gross tonnage 77.499 ton dan LOA (Length Over All) 261,1 meter tersebut sandar mulus di Dermaga Samudera Pelabuhan Tanjung Emas pada Selasa (26/9) pukul 07.00 WIB. Kapal yang dinahkodai oleh Capt Gennaro Arma ini mengangkut 2067 penumpang wisatawan asing dan 856 crew kapal.

Dari awal tahun 2017 hingga sekarang, MS Sea Princess merupakan kapal pesiar ke-12 yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Untuk menghibur dan menyambut wisatawan ketika mengunjungi gedung terminal penumpang, manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang telah menyiapkan berbagai hiburan. Pada saat turun dari kapal, para turis disambut dengan iringan musik tradisional yang diikuti dengan tari kreasi Semarang dan Barong. Selain itu, para turis dapat menikmati fasilitas terminal penumpang seperti wifi, hiburan musik keroncong dan stand souvenir, stand pijat refleksi, stand batik dan internet wifi.

Asman Pelayanan Kapal, Iman Santoso menjelaskan sebanyak 840 turis akan melanjutkan city tour yang bekerja sama dengan jasa tour and travel. Untuk mengakomodasi kegiatan mereka, pihak travel telah menyiapkan bus dan beberapa mobil sebagai sarana transportasi. Rute perjalanan menuju ke beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Ambarawa, Joglo Hill, Tlogo Agro, Sam Poo Kong, Ronggowarsito, dan Gereja Blenduk. “Dari sejumlah wisatawan tersebut, ada yang melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur, Yogyakarta atupun sekedar berkeliling kota Semarang menggunakan jasa tour,” tuturnya.

Sedangkan turis yang tidak menggunakan dengan jasa tour and travel lebih memilih tetap berada di kapal, berjalan-jalan menikmati terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas atau hanya sekedar berkeliling Kota Semarang dengan menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan taksi wisata.

Kapal yang sebelumnya berkunjung dari Pelabuhan Ujung Pandang ini dijadwalkan meninggalkan Pelabuhan Tanjung Emas pada pukul 20.00 WIB. Setelah dari Tanjung Emas, kapal berbendera Bahama ini rencananya akan menuju Probolinggo untuk melanjutkan perjalanan wisata. (sp/rendra nugraha)

 320 total views,  1 views today

Comments

comments