PT Intiland Development Tbk terus memperkuat lini usahanya dengan melakukan pengembangan baru. Mengawali 2016, perusahaan ini melakukan pengembangan tahap II kawasan perumahan Graha Natura, Surabaya. Pengembangan tahap II dibangun dengan konsep kawasan mixed-use yang menempati lahan seluas 38,2 hektar di kawasan Surabaya Barat. Pada pembangunan tahap II ini, perseroan mengawalinya dengan meluncurkan Edenia, pengembangan klaster baru di lahan seluas 5,3 hektar.

David Hosea, Direktur PT Intiland Grande, anak usaha Intiland, mengungkapkan peluncuran klaster baru ini untuk mengantisipasi semakin tingginya minat masyarakat untuk tinggal di kawasan perumahan ini. Langkah ini juga sekaligus sebagai upaya mengantisipasi pesatnya perkembangan Surabaya Barat yang menjadi kawasan dengan pertumbuhan paling pesat di Surabaya.

“Semenjak diluncurkan tahun 2011, Graha Natura menawarkan sebuah konsep hunian yang inovatif yakni menciptakan lingkungan nan sehat, asri, dan ramah teknologi. Konsep ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat, dan kami melihat minat konsumen masih sangat tinggi,” ungkap David.

Setelah sukses memasarkan unit-unit rumah dan SOHO di pengembangan tahap I, perseroan segera meluncurkan klaster Edenia yang menyediakan 200 unit rumah.  Klaster Edenia menawarkan empat tipe rumah dua lantai yaitu Violet, Carnation, Dahlia dan Lotus yang memiliki luasan beragam.

David menjelaskan bahwa tipe unit-unit rumah di klaster Edenia memiliki luas lahan mulai dari 90 meter persegi hingga 144 meter persegi dan luas bangunan mulai 74 meter persegi hingga 149 meter persegi. Perseroan memasarkan unit-unit rumah klaster Edenia dengan harga mulai Rp1,5 miliar per unit.

“Kami menawarkan banyak alternatif pilihan yang masing-masing memiliki keunggulan dan harga yang terjangkau. Unit rumah-rumahnya dibangun dengan konsep rumah tumbuh, sehingga pembeli dapat menambah luas bangunan sesuai kebutuhan masing-masing namun harus tetap sesuai panduan pengembangan kawasan,” ujarnya lebih lanjut.

Unit-unit rumah di klaster Edenia, menurutnya, dibangun dengan desain modern dan tropikal yang memberikan kenyamanan. Rancangan desainnya memanfaatkan sirkulasi udara secara baik dan pemanfaatan cahaya alami secara maksimal.

Pengembangan klaster Edenia rencananya dilakukan dalam satu tahapan pembangunan yang diperkirakan membutuhkan waktu waktu sekitar dua tahun. Pembangunan akan dimulai pada Februari 2016 dan diperkirakan selesai pada Maret 2018.

Graha Natura merupakan kawasan perumahan yang berlokasi di Surabaya dengan seluas mencapai 86 hektar. Dirancang dengan prinsip-prinsip sustainable development,  kawasan perumahan ini dikembangkan secara terpadu dengan mengadopsi keunggulan pada sisi kesehatan, teknologi, dan lingkungan asri.

Desain pengembangan kawasan induk atau masterplan serta rancangan bangunan rumah-rumah di dalamnya mengadopsi konsep hunian tropikal yang mengikuti kaidah pelestarian alam. Penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dilakukan melalui tiga model pendekatan gaya hidup yakni Healthy, Technology, dan Nature.

Konsep tersebut antara lain diwujudkan dengan membangun infrastruktur pengelolaan limbah rumah tangga secara terpadu (integrated sewage system) di seluruh area kawasan. Penerapan teknologi ini memungkinkan tidak diperlukannya penggunaan septic tank pada masing-masing area rumah, sehingga membuat lingkungan menjadi lebih sehat.

Sebagai sebuah kawasan hunian terpadu, Graha Natura dilengkapi beragam fasilitas demi kenyamanan bagi para penghuninya. Selain mengalokasikan lahan kawasan untuk area penghijauan, Graha Natura juga dilengkapi beragam fasilitas seperti club house, danau untuk rekreasi, taman, playground, outdoor gym, jogging track sepanjang dua kilo meter, serta area komersial.

Untuk mewujudkan lingkungan kawasan yang sehat dan asri, perseroan menggandeng Seameo Biotrop (South East Asia Regional Center for Biology Tropical), Pusat Regional Asia Tenggara untuk Biologi Tropika dan Kebun Raya Purwodadi. Melalui kerjasama ini, Seameo Biotrop dan Kebun Raya Purwodadi akan memberikan dukungan konsultatif dan teknis mengenai upaya konservasi dan keanekaragaman hayati di Graha Natura.

280 total views, 1 views today

Comments

comments