Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Telecommunication Union (ITU) Regional Development Forum (RDF) dan Regional Preparatory Meeting (RPM) for World Telecommunication Development Conference 2017 (WTDC-17) pada tanggal 20 -23 Maret 2017 di Padma Hotel Bali. Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menjadi penanggung jawab penyelenggaraan RDF dan RPM tersebut.

Regional Development Forum (RDF) dan Regional Preparatory Meeting (RPM) for WTDC 2017 sendiri merupakan sidang bagi para pembuat kebijakan, sektor industri, akademisi serta stakeholder bidang TIK di kawasan Asia Pasifik untuk mendiskusikan isu-isu dibidang pembangunan TIK terutama untuk konsolidasi dan evaluasi program pembangunan TIK yang telah dilakukan masing-masing negara dan kesesuaiannya dengan ITU Asia Pacific Regional Initiatives, Dubai Action Plan (WTDC-14).

Selain itu sidang ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan isu, peluang dan tantangan TIK di kawasan Asia Pasifik dalam rangka percepatan pembangunan TIK. Hasil dari sidang ini nantinya akan menjadi masukan penting dalam World Telecommunication Development Conference 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-20 Oktober 2017 di Buenos Aires Argentina.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dijadwalkan akan hadir menjadi keynote speaker pada Regional Preparatory Meeting (RPM) pada 21 Maret 2017. Sebelumnya pada Regional Development Forum (RDF) yang dilakukan pada 20 Maret 2017 akan dibuka oleh Telecommunication Development Bureau (BDT) ITU dan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Farida Dwi Cahyarini.

Pada tahun ini akan ada beberapa sidang utama dengan topik khusus, yang masing-masing akan membahas secara detail terkait perkembangan dan rencana bersama untuk meningkatkan implementasi teknologi komunikasi di regional Asia-Pasifik, termasuk perkembangan Big Data, Internet of Things (IoT), dan cyber security. (sp/foto : istimewa)

 280 total views,  1 views today

Comments

comments