Kisah Joko Samudro dan Dewi Sekardadu begitu melekat di masyarakat Sidoarjo, Jawa Timur. Dan Candi Pari di Kecamatan Porong yang dipercaya peninggalan Kerajaan Majapahit, juga melekat sebagai ikon wisata Sidoarjo. Apa yang terjadi jika cerita rakyat dan bangunan bersejarah ini, melebur dalam satu pentas budaya?

Hasilnya, seperti yang terjadi pada Sabtu (5/11/2016) malam lalu. Candi Pari bersolek sedemikian cantik. Imaji sejarah masa lalu, berkolaborasi dengan tata lampu, musik, serta pagelaran Opera dan Drama Tari ‘Cahya Ginaris’. Opera dan drama tari ini mengangkat kisah Joko Samudro dan Dewi Sekardadu.

Gerak para penari, nampak cantik dalam balutan kostum dan musik yang apik. Selain opera dan drama tari, malam itu digelar pula fashion show, Tari Remo yang dibawakan pelajar tari, pentas karawitan, dan Reog Singo Menggolo.

Selain sebagai pertunjukan seni dan budaya, acara malam ini sekaligus membuka Exploring Sidoarjo Festival 2016 yang nantinya diwarnai Pameran UMKM Tanggulangin, Guk Yuk (putra putri) Sidoarjo, Penanaman pohon mangrove, dan Tradisi Lelang Bandeng. Festival dilaksanakan di awal bulan November hingga akhir tahun ini.

naskah dan foto : purwanto raas
FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALLERY

 413 total views,  1 views today

Comments

comments