Melengkapi rentetan pesona destinasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), pemerintah akan mengembangkan Groundbreaking Glamorous Camping atau Glamping. Rencananya, gagasan ini akan direalisasikan pada 10 Oktober 2019 mendatang.

Sebagai kawasan wisata prioritas, Danau Toba memang terus berbenah. Dan kenyataan ini didukung tingginya kesadaran masyarakat sekitar, mengiringi laju pembenahan infrastruktur serta penyediaan utilitas dasar di kawasan ini.

Di Desa Lumban Bulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, masyarakat mulai menyadari pentingnya amenitas ini. Hal ini nampak dari semakin banyaknya jumlah homestay yang tersedia. Tercatat ada sekitar 17 homestay dan 70 kamar di desa dengan Pantai Pasir Putih yang memesona ini.

“Alam di sini sangat bagus, paduan gunung dengan danau yang indah. Untuk Desa Bulbul saya sarankan jadi pusat kuliner khas seperti di Jimbaran Bali. Kemenpar akan membantu cara pengemasan kulinernya,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat berkumjung di Danau Toba.

Pada kunjungan ini, Menpar Arief Yahya juga menyampaikan kabar baik terkait upaya pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu UNESCO Global Geopark (UGG).

“Danau Toba kini (secara de facto) sudah masuk sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Perjuangan yang tidak mudah karena pernah dua kali gagal. Pencapaian ini menegaskan kalau Danau Toba punya atraksi kelas dunia,” ujar Menpar Arief Yahya.

1,808 total views, 6 views today

Comments

comments