Jarum jam menunjukkan pukul tiga sore. Di sepanjang Jalan Tunjungan, Surabaya, warga mulai berkumpul dan berdesakan di beberapa sudut. Sejumlah orang datang mengenakan busana ala pra milenium. Maklum, Minggu (29/5/2016) itu, Surabaya Urban Culture Festival (SUCF) 2016 digelar dengan mengusung tema era 90-an.

Bak masuk dalam mesin waktu, suasana terasa berubah di 20 tahun lalu, saat era analog masih berjaya. Tidak hanya busana dan gaya dansa, game konsol Nintendo seperti Super Mario, Street Fighter, ataupun Pac-Man, bisa kita temui dan dimainkan di event ini. Ada juga mobil balap Tamiya lengkap dengan lintasannya, jajanan lawas, dan pernak-pernik 1990-an.

Event yang diadakan setahun sekali ini juga digelar untuk merayakan ulang tahun Kota Surabaya. Seumber kami menyebutkan, event ini diadakan untuk menunjukkan sisi-sisi lain  Kota Surabaya yang terbuka, humanis, berbasis tradisi, dan saling menguatkan satu sama lain.

Tiap tahun, event ini selalu punya tema besar yang menunjukkan karakter warga Surabaya. Masing-masing dipertunjukkan lewat gerakan besar. Jika kita mengingat SUCF pada tahun 2013 ada Tari Remo massal, pada tahun 2015 ada dolanan tradisional, dan untuk tahun ini, SUCF mengadakan SKJ yang di ikuti oleh 1000 peserta.

FOTO LAINNYA KLIK GALLERY

247 total views, 1 views today

Comments

comments