Memilih instrumen investasi yang tepat dan terjamin menjadi hal yang penting diperhatikan bagi para calon investor agar dana yang dikelola semakin berkembang sesuai harapan.

Salah satu alternatif investasi yang patut dicoba di awal tahun yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019 yang memberikan kupon tetap 5,57 persen per tahun dengan tenor selama 3 tahun.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sebagai mitra distribusi yang dipercaya pemerintah untuk memasarkan ORI019, memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan menyediakan kanal pemesanan secara digital yaitu OCTO Mobile dan portal SBN Online.

Masyarakat dapat berinvestasi dengan minimum pemesanan Rp1 juta dan kelipatan Rp1 juta, maksimum hingga Rp3 miliar. Pemesanan mulai dapat dilakukan pada 25 Januari – 18 Februari 2021.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, ORI019 merupakan surat utang negara yang ditawarkan kepada calon investor ritel dalam negeri dengan nominal pemesanan yang terjangkau. “Investasi pada ORI019 dapat menjadi pilihan yang menarik di tengah situasi saat ini.

Selain dapat menjadi penyeimbang portfolio investasi karena dijamin pemerintah, ini juga wujud dukungan nyata kita untuk pembangunan dan kemajuan bangsa,” kata Lani di Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Lani menjelaskan, investasi pada instrumen ORI019 memberikan beragam keuntungan bagi investor. Selain jaminan atas kupon dan pokok investasi, surat berharga ini juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan berpotensi memperoleh capital gain.

Untuk berinvestasi ORI019, masyarakat dapat membeli dengan mudah melalui aplikasi digital banking OCTO Mobile. Adapun langkahnya yaitu, pertama, login OCTO Mobile lalu pilih menu daftar dan investasi. Kedua, masuk ke menu Obligasi dilanjutkan dengan registrasi SBN Ritel.

Ketiga, setelah registrasi berhasil, nasabah dapat mengisi form pemesanan SBN Ritel dengan memilih ORI019, nominal pembelian, membaca memorandum informasi, serta memberikan persetujuan. Keempat, konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN OCTO Mobile. Pemesanan ORI019 pun berhasil dilakukan. Selain OCTO Mobile, nasabah juga dapat membeli ORI019 melalui situs https://sbn.cimbniaga.co.id/.

Penawaran tersebut juga terbuka untuk nasabah CIMB Niaga yang belum memiliki Risk Profile dan nomor single investor identification (SID). Pendaftaran Risk Profile dan nomor SID tetap bisa dilakukan melalui OCTO Mobile. Nasabah yang telah mendaftar kemudian akan diverifikasi maksimum 2 hari kerja dan setelahnya bisa langsung berinvestasi ORI019.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk merasakan kemudahan investasi melalui OCTO Mobile namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat berinvestasi dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

“Dengan kanal digital tersebut, masyarakat dapat berinvestasi langsung dari gadget masing-masing kapan saja dan di mana saja, sehingga lebih sehat dan aman di tengah kondisi yang menantang saat ini. Kami berharap kemudahan ini dapat meningkatkan jumlah investor ritel di Indonesia,” tutup Lani

 1,344 total views,  1 views today

Comments

comments