Usai penetapan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi langsung bergerak cepat melakukan monitoring dan evaluasi.

Khususnya yang berhubungan dengan pembangunan gerbang baru, penataan lapangan parkir, hingga lahan untuk pedagang di area candi Budha terbesar di dunia ini.

Dijelaskan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Marves, Ridwan Djamaludin, langkah ini berangkat dari arahan Presiden RI Joko Widodo saat Ratas Agustus yang secara khusus membahas percepatan pengembangan destinasi wisata Candi Borobudur.

“Target besar yang diamanahkan Presiden kepada Kementerian terkait destinasi super prioritas terbilang besar, mengingat di tahun 2020 seluruh infrastruktur pariwisata di lima destinasi super prioritas, termasuk Candi Borobudur harus selesai,” jelas Ridwan.

Untuk konstruksi awal akan dimulai pada Maret 2020, serta ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020. Gerbang-gerbang yang akan kembangkan adalah Gerbang Palbapang, Gerbang Blondo, Gerbang Kembanglimus, dan Gerbang Klangon, serta lokasi Lapangan Kujon Borobudur.

 282 total views,  1 views today

Comments

comments