Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Wirogunan, Yogyakarta membacakan puisi menolak korupsi. Acara ini diselenggarakan bertajuk ‘Gerakan Puisi Menolak Korupsi’ dalam road show ke 37 Yogyakarta.

Salah seorang warga binaan, Puji Istina yang terjerat kasus korupsi di kabupaten Bantul membacakan puisi berjudul ‘Dari Balik Jeruji’ karya R.B Edi Purnomo.

Puji mengatakan kasus korupsi banyak terjadi karena ketidaktahuan dan perintah dari atasan sehingga menjadi korban. “Seharusnya yang dihukum yang menjebak kami, kami hanya menjadi korban,” tegasnya.

Selain warga binaan Lapas Wirogunan, sejumlah warga pecinta puisi dari seluruh nusantara juga ikut membacakan puisi.

Koodinator acara, R.B Edi Purnomo mengatakan, acara ini bertujuan untuk berbagi dan menyadarkan seluruh kalangan masyarakat melalui puisi agar terhindar dari praktik korupsi yang kini semakin marak terjadi.

“Kami senang dapat bertemu dengan banyak saudara di lapas Wirogunan, mendengarkan curahan hati mereka dan sebagai cerminan agar dapat lebih seimbang tidak satu sisi pandangan dalam memahami pelaku korupsi,” ujar Edi.

Kepala Lapas Wirogunan, Zaenal Arifin menjelaskan, terdapat 43 warga binaan kasus korupsi. Dengan adanya acara ini ia berharap warga binaan dapat memahami bahaya korupsi untuk masyarakat luas.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALLERY

163 total views, 1 views today

Comments

comments