British Council melalui Yayasan Dewan Inggris Indonesia (British Council Indonesia Foundation) berkomitmen untuk membangun kepercayaan diri anak-anak melalui gelaran Young Learner’s English Olympics yang berlangsung pada 11-14 Agustus di Mall Grand City Surabaya.

“Kami ingin memperkenalkan cara menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris, sekaligus mendorong kepercayaan diri anak-anak Surabaya dalam semangat berkompetisi. Selain itu lewat ajang ini juga para peserta diharapkan dapat memperluas kreativitas, kemampuan berekspresi, serta perbendaharaan kata dalam berbahasa Inggris,” kata Direktur British Council di Indonesia Paul Smith OBE, ketika membuka gelaran English Olympics di Mall Grand City Surabaya, Kamis lalu.

Paul mengatakan, Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pergaulan internasional memainkan peranan penting dalam kompetisi di regional dan tingkat global, sehingga sudah selayaknya anak-anak dibekali kemampuan dan pengalaman berbahasa Inggris guna meningkatkan daya saing mereka di kemudian hari. Dalam hal ini, kata Smith, British Council Indonesia Foundation ingin menghadirkan solusi pendidikan untuk orang tua serta anak dengan lingkungan belajar yang positif dan kondusif bagi sisi psikis anak.

Kompetisi yang digelar untuk kedua kalinya di Surabaya tersebut melibatkan masing-masing tiga tim dari 14 Sekolah Dasar. “Lewat English Olympics ini kami ingin memperkenalkan bahwa Bahasa Inggris bisa dipelajari lewat berbagai cara yang seru. Misalnya lewat pembacaan puisi (poetry reading) untuk babak penyisihan, kemudian tim yang berhasil lolos ke babak selanjutnya hingga ke final akan bertanding dalam kategori pembacaan puisi, acak kata (wordshake), dan penceritaan (story telling),” kata Direktur Pelatihan dan Pengembangan British Council di Indonesia, Michael Little.

Kriteria penilaian kompetisi akan bergantung pada keakuratan pengucapan, variasi penggunaan kosakata dan keakuratan perbendaharaan kata, ekspresi, kreativitas dan kerja sama tim saat membaca puisi dan cerita. Kompetisi serupa akan digelar di Sun Plaza Medan pada 1-4 September 2016.

207 total views, 1 views today

Comments

comments