Masyarakat dunia saat ini sebenarnya bukan hanya berjuang mengatasi pandemi COVID-19, tapi juga berupaya menghadapi masalah besar lain yaitu sampah plastik sekali pakai, yang berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar apabila tidak ditangani dengan baik.

Untuk membantu mengatasi persoalan sampah plastik sekali pakai, sejak awal tahun ini hingga akhir November, Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra telah menginisiasi program Semangat Kurangi Plastik yang diterapkan baik di internal Grup Astra maupun di lingkungan masyarakat binaan Astra.

Melalui program ini, Astra berhasil mengurangi 418,1 ton sampah plastik, yang terdiri dari 58,1 ton di internal Grup Astra dan selebihnya sekitar 360 ton dikelola melalui 70 bank sampah binaan.

Pengurangan sampah plastik sekali pakai dimulai dari hal sederhana di seluruh perkantoran Grup Astra di tujuh lini bisnis. Seperti pengurangan botol, gelas, alat makan dan kemasan plastik di ruangan.

Bagi yang terpaksa menggunakan botol plastik sekali pakai, Grup Astra menyediakan tempat sampah khusus agar sampah plastik nantinya diolah di bank sampah binaan.

Hal yang sama dilakukan di fasilitas produksi otomotif Grup Astra. Di mana kemasan plastik diganti menjadi bahan yang bisa dipakai berkali-kali. Bahkan untuk ekspor komponen otomotif, plastik pembungkus komponen diganti menjadi sebuah kotak yang harus dikembalikan lagi agar dapat dipakai berulang untuk ekspor berikutnya.

Program-program tersebut dirancang sebagai bentuk kepedulian Astra dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam yang sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan program-program pemerintah di bidang lingkungan.

Kontribusi Astra dalam mengajak masyarakat untuk mengurangi pemakaian sampah plastik sekali pakai sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

 284 total views,  1 views today

Comments

comments