Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Gerakan Pramuka, Satgas Yonif Mekanis 516/CY  menggelar latihan kepramukaan Saka Wira Kartika, Sabtu (13/08) bertempat di SMPN 5 Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Dansatgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan serentak oleh seluruh jajaran Satgas Yonif Mekanis 516/CY sebagai wujud kepedulian mereka dalam rangka membangun generasi muda yang memiliki karakter, membangun watak yang kuat dan memiliki kepribadian yang tangguh sehingga sanggup menatap masa depan yang baik.

Sebagaimana diamanahkan oleh UU No. 12/2010, Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan pengetahuan, meliputi wawasan kebangsaan, pengetahuan baris-berbaris, cara membuat tenda dari ponco, pengetahuan kesehatan, pengetahuan peta dan GPS serta berbagai permainan yang menuntut kerjasama tim dalam menyelesaikannya.

Keceriaan dan kegembiraan serta semangat  dalam mengikuti setiap kegiatan yang diberikan oleh Prajurit Satgas Yonif Mekanis 516/CY terpancar dari wajah-wajah peserta pramuka. Aneeta, salah satu peserta putri merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena mendapatkan pengetahuan baru yang diberikan oleh Kakak-kakak Satgas Yonif Mekanis 516/CY yang selama ini belum pernah mereka dapatkan dan kami bisa bergembira dan bermain bersama dengan peserta lain.

Selain dirasakan oleh para peserta Pramuka, Suyitno Ama.Pd, pembina di Distrik Mannem juga sangat senang dan berterima kasih diadakannya kegiatan ini. Ia berharap, pengetahuan yang diberikan dalam kegiatan semacam ini tidak hanya dalam rangka HUT Gerakan Pramuka saja, tetapi juga dapat dapat disampaikan pada waktu ekstra kurikuler di sekolah.

Kegiatan ini diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan photo bersama Dansatgas Yonif Melanis 516/CY Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si dengan seluruh peserta pramuka.

355 total views, 1 views today

Comments

comments