IndiHome Jazz Traffic Festival 2018 mulai digelar di Grand City Convex, Surabaya, Sabtu (25/8/2018). Perhelatan musik jazz bertajuk The Future is Now, kembali menghadirkan beragam seniman musik lintas generasi dan berbagai jenis musik.

Sesudah penampilan Fusion Stuff, Passatu, 3Device dan HiVi!, Tom Grant musisi jazz berjuluk The Father of Smooth Jazz (Bapak Smooth Jazz) tampil bersama Shelly Rudolph penyanyi yang disebut oleh Tom sebagai The Princess of Smooth Jazz (Putri Smooth Jazz), di Jazz Traffic Stage.

Keduanya menyanyikan tiga lagu bersama-sama. Dua di antaranya cukup familiar bagi penikmat musik jazz klasik, One Note Samba yang dipopulerkan Antonio Carlos Jobim, dan Natural Woman yang dipopulerkan Aretha Franklin.

Di lagu One Note Samba, Tom dan Shelly beraksi di atas panggung tanpa musisi pengiring lainnya. Spontan, penonton menepuk-nepukkan tangan sesuai tempo musik yang dimainkan.

Tidak hanya dengan Shelly, Tom juga mengundang Luanada Belacita seorang penyanyi Jazz Indonesia ke atas panggung. Mereka lalu menyanyikan lagu How Sweet It Is yang dipopulerkan James Taylor, dan Since I Dont Have You yang dipopulerkan The Skyliners.

Usai penampilan Tom Grant, Jazz Traffic Stage kembali diisi Idang Rasjidi musisi jazz kawakan tanah air.

Pada penampilannya kali ini, Idang Rasjidi didampingi sederet musisi muda, antara lain Abraham Song (gitaris 16 tahun), Josafat Song (drum), Samuel Song (bass), Evan Hendro Sinaga (tenor trombone), Chairul Umam (saxophone), dan Iwan Wiradz pemain perkusi senior.

Idang Rasjidi memainkan sekitar enam lagu karyanya sendiri, antara lain berjudul Red Code, Black Dolphin, Misty, dan Soul Bossa.

Selain itu, Idang juga membawakan beberapa lagu karya Miles Davis musisi jazz legendaris asal Illinois, Amerika Serikat.

Penampilan Idang yang sudah genap berusia 60 tahun terlihat begitu energetik di panggung. Sekitar satu jam dia bersama musisi pendampingnya sangat menikmati irama musik yang dimainkan bersama-sama.

Di tengah penampilannya, Idang menyampaikan terima kasih kepada Suara Surabaya yang setiap tahunnya menggelar Jazz Traffic Festival.

Sebelum memainkan lagu berjudul Red Code, Idang mendedikasikan pertunjukannya malam hari ini untuk para musisi jazz legendaris tanah air seperti Bubi Chen, Maryono, Jack Lesmana, dan para musisi jazz seniornya.

Sementara, di Suara Surabaya Stage ada penampilan Ita Purnamasari dan Nona Ria grup trio perempuan yang membawakan lagu-lagu bergenre Jazz Swing, di Kolaborasik Stage.

Di waktu yang hampir bersamaan sekitar pukul 21.00 WIB, Barry Likumahuwa dengan Rima Funk tampil menghibur penonton di IndiHome Stage. Mama Say Reggae band reggae asal Surabaya mengajak para penonton bergoyang saat tampil di Kolaborasik Stage, dan Rasvan Aoki meet Nelly Lawson beraksi di Suara Surabaya Stage. (sp/rizki dwi pd | foto : istimewa)

 1,080 total views,  1 views today

Comments

comments