Bekerja sama dengan Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ), Surabaya Fashion Parade (SPF) 2016 kali ini kembali dihelat. Bertempat di Convention Hall di Tunjungan Plaza Lantai 6 Surabaya, menampilkan karya-karya desain baju bernuansa batik Jawa Timur.

Dengan ini, harapannya dapat menghapus stigma masyarakat luas bahwa kain batik Jawa itu terkesan kuno dan tak lagi sesuai dengan era urban saat ini. Pada SPF ke-9 ini, mengangkat tema ‘Vismaya Navamika’. Dalam rangkaiannya juga digelar beberapa kegiatan, seperti Surabaya Model Search, Surabaya Kid Search dan Fashion Design.

Menampilkan rancangan designer-designer lokal. Di antaranya Billy Tjong, Mg Hola, Soko Wiyanto dan Ali Charisma yang memamerkan kostum desainnya pada hari terakhir, Mnggu (15/5). Masing-masing desainer setidaknya menampilkan 20 karyanya.

Dibuka dengan rancangan Billy Tjong yang menonjol dengan kolnsep beludrunya dari putih, palet hingga dominan gelap. Dilanjutkan dengan rancangan Mg Hola.yang benar-benar mengedepankan unsur batiknya. Hampir seluruh kostum yang dibuatnya dibuat simpel namun tetap elegan. Adapun Soko Wiyanto yang seringkali menghiasi gaun rangkaiannya dengan ornamen rendra. Terakhir, Ali Charisma yang kebanyakan karyanya bertemakan jumpsuit atau terusan.

naskah : fahmi azis | foto : zulfikar firdaus

199 total views, 1 views today

Comments

comments