Moody’s Investors Service menyebut, Indonesia merupakan negara yang pada level layak investasi. Pernyataan ini disampaikan dalam siaran persnya, Kamis (28/1). Moody’s menyebutkan, beberapa faktor yang mendukung keputusan afirmasi bagi rating Indonesia adalah pengelolaan keuangan pemerintah yang kuat di tengah peningkatan defisit fiskal.

Pengelolaan keuangan Pemerintah RI juga memberikan respons kebijakan otoritas yang efektif dalam mengelola risiko penurunan harga komoditas, dan pelemahan pertumbuhan ekonomi dalam rangka memastikan sektor eksternal yang sustainable.

Ketahanan Indonesia juga dinilai mampu bertahan terhadap tekanan eksternal yang bersumber dari penurunan harga komoditas dan volatilitas pasar keuangan internasional. Meskipun tekanan eksternal terhadap pertumbuhan ekonomi masih berlangsung, perekonomian Indonesia tetap tumbuh lebih baik dibandingkan negara dengan peringkat yang sama.

“Afirmasi Moody’s ini menegaskan pengakuan terhadap kekuatan perekonomian Indonesia dalam menghadapi penurunan perekonomian dan volatilitas keuangan global,” ujar Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo. Keseimbangan antara kebijakan moneter dan fiskal serta reformasi struktural yang berkelanjutan, lanjutnya, menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai pertumbuhan Indonesia yang lebih berkualitas.

189 total views, 1 views today

Comments

comments