Berbalut cerita rakyat yang terus melekat, Danau Toba masih jadi perhatian wisatawan, baik domestik maupun manca negara. Danau vulkanik dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini terbentang di tujuh kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Masing-masing Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tanah Karo, dan Dairi. Dengan ukuran seperti ini, boleh dibilang Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia sekaligus di Asia Tenggara.

Para ahli memperkirakan, danau ini terbentuk saat ledakan 73 ribu hingga 75 ribu tahun silam. Pasca letusan ini, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi Danau Toba. Ditambah tekanan magma yang belum keluar, memunculkan pulau di tengah danau yang kemudian diberi nama Pulau Samosir.

Sebagai sebuah tempat wisata, pesona Danau Toba didukung bukit hijau dan udara yang sejuk. Maklum, secara geografis, danau ini berada di pegunungan Bukit Barisan. Sehingga kombinasi danau, pegunungan, dan hutan, jadi etalase wisata yang jelas memikat siapa saja. (foto : unsplash)

395 total views, 1 views today

Comments

comments