Sajian Atraksi Budaya di Festival Pesona Lipuku

Sajian Atraksi Budaya di Festival Pesona Lipuku

Untuk mempromosikan destinasi Togean dan sekitarnya, Pemeritah Kabupaten Tojo Una una (Touna) menggelar Festival Pesona Lipuku 2017, 21 Oktober hingga 11 November 2017. Festival ini dihelat di dua tempat. Untuk pembukaan di Kecamatan Ratorindo. Sementara kegiatan lomba perahu layar dan mancing dilaksanakan di Kepulauan Togean.

Festival Pesona Lipuku 2017 menghadirkan berbagai kegiatan. Diantaranya mancing mania, lomba renang, lomba perahu layar, tour sepeda, lomba foto dan video drone, lomba kuliner, jet sky, rally foto,lari maraton, band competition, trail adventure, dan masih banyak lagi.

Dalam pembukaan, akan ditampilkan berbagai kesenian dan budaya lokal yang dimiliki oleh Tojo Una-Una. Tidak hanya tarian, tetapi juga atraksi budaya lokal yang hingga kini tetap lestari di desa-desa.

Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan sebuah taman nasional dengan dua area ekosistem berupa lautan seluas 292 ribu hektar dan datarannya 70 ribu hektar. Di sini tersimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang langka dan terlindungi. Itu belum cukup karena tempat ini pula menjadi zona transisi Garis Imajiner Wallace dan Weber dimana keberadaan faunanya yang unik adalah atraksi yang jangan dilewatkan.

Taman Nasional Kepulauan Togean berada di Teluk Tomoni di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Rute yang tersedia dari Jakarta atau kota besar lainnya ke Togean adalah yang menuju ke Palu-Ampana-Togean. Dari Jakarta ke Palu Anda dapat menggunakan pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia, dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng menuju Bandara Mutiara di Palu sekitar 3 jam.

Perjalanan darat dari Palu ke Ampana melalui Poso sekitar 375 km atau selama 6 jam perjalanan darat. Berikutnya lanjutkan perjalanan dengan perahu dari Ampana ke Wakai dan Malenge. Jadwal rutin perahu ini setiap hari pukul 10.00-11.00. Setibanya di Ampana, Anda dapat langsung datang ke Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Togean di Jalan Poros Uemalingku Atas, Kecamatan Ampana Kota. Di sini Anda dapat bertanya tentang informasi Taman Nasional Kepulauan Togean. (sp/dwi/foto : indonesia.travel)

Comments

comments

Share:

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

Kijang Innova Raih Penghargaan Car of The Year
PLN Tandatangani Kerjasama Pemanfaatan Sampah Kota Surabaya Menjadi Energi Listrik
Batik Gedog Tuban, Paduan Mitos dan Estetika Pantai Utara