Rayakan Hari Kartini lewat Workshop Membatik

Rayakan Hari Kartini lewat Workshop Membatik

SMP NEGERI 47 Surabaya menggelar kegiatan Workshop Membatik, Jumat (21/4/2017). Kegiatan yang digelar di sekolah ini melibatkan siswi-siswi perwakilan dari setiap kelas. Dari kelas 8 ada 40 siswi, kelas 7 ada 90 siswi.

Sumber indonesiaimages.net menyebutkan, kegiatan ini merupakan iInisiatif dari Kepala sekolah Dra. Lulus Kanti Rahayu, M.Pd. untuk memberi kompetensi ketrampilan bidang industri kreatif bagi remaja putri. Selain itu juga mendukung pengadaan bahan baku produk unggulan sekolah seperti tas dan dompet batik.

Menurut Leo Arief Budiman, pendiri Rumah Gemati, kegiatan ini juga didukung oleh bidang ekstrakurikuler menjahit atau tata busana yang bekerjasama dengan UMKM4.

Acara berlangsung lancar dan meriah. Hal ini nampak dari antusias peserta yang hari itu tampil cantik dengan busana daerah. “Secara teknis, siswi diajak menggambar pola bunga yang disiapkan pada bahan kain, kemudian mereka dikenalkan dengan berbagai peralatan membatik dan diajarkan bagaimana cara kerjanya,” jelas Leo.

Dijelaskan pula, lewat kegiatan ini siswi juga berkesempatan mencoba menggoreskan canting pada kain, berlatih dan berkarya. “Selanjunya pelatihan pewarnaan, sampai memperoleh sampai hasil akhir,” pungkas Leo.

naskah : hendro d. laksono
foto : istimewa

Comments

comments

Share:

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

Upacara Melasti di Pura Segara Cilincing
Miss Big Pukau Pengunjung Surabaya great Expo 2016
Agar Ingatan dan Sejarah tetap Terasah