Jelang Hari Idul Fitri tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 siap menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta. Program mudik ini melalui 11 rute yang akan dilayani dengan moda darat dan laut.

Dalam siaran persnya Pelindo 1 menyebut, Program Mudik Gratis ini bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi seperti bus dan kapal laut. Perubahan moda ini diharap mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Untuk bergabung, peserta cukup mendaftar di masing-masing Kantor Cabang Pelindo 1 di kota keberangkatan dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP, atau identitas diri lainnya. Pendaftaran mudik dibuka mulai 14 Mei hingga 3 Juni 2018.

“Tahun ini Pelindo 1 telah menyiapkan 45 bus pariwisata dan 12 kapal laut untuk melayani program mudik gratis,” papar Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah. Target peserta, lanjutnya, sebanyak 4.750 orang atau meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 2.150 orang.

Disebutkan, 12 kapal laut yang disiapkan akan melayani rute mudik via laut yaitu rute Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak dengan jadwal keberangkatan 11 Juni.

Sementara rute Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna) keberangkatan 11 Juni, dan rute Batam menuju Belawan sebanyak 2 kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 dan 11 Juni.

Untuk moda darat menggunakan bus terbagi menjadi sejumlah keberangkatan. Masing-masing 11 Juni untuk rute Perawang – Padang, Perawang – Medan, Pekanbaru – Medan, Pekanbaru – Padang, Kandis – Medan, Dumai – Medan.

Keberangkatan 10 Juni untuk rute Medan – Aceh, Medan – Tapanuli Selatan, dan Medan – Tapanuli Tengah. Masing-masing rute moda darat ini nantinya akan dilayani oleh lima bus, kecuali rute Dumai – Medan yang dilayani oleh 10 bus. (sp/foto : istimewa)

509 total views, 1 views today

Comments

comments