Jika Anda mendambakan wisata pantai yang alami, Pantai Penyak jelas jadi salah satu pilihan yang layak dikunjungi. Pantai yang terletak di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung ini berada di tepi jalan lintas Pangkalpinang-Koba.

Di sepanjang pantai dengan panjang sekitar tiga kilometer ini, kita disuguhi panorama alam yang memukau. Posisinya yang landai dan strategis membuat Penyak sempat dipilih jadi tempat pemantauan gerhana matahari 1986.

Usai jalan-jalan, mampirlah di rumah makan yang ada. Selain yang di bibir pantai, kita bahkan bisa memilih tempat makan di atas air. Sambil menikmati sajian ikan bakar dan air kelapa muda lezat, kita bisa berbincang dengan warga setempat yang ramah.

Kabupaten Bangka Tengah sendiri merupakan kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Bangka pada tahun 2003. Daerah ini dikenal sebagai pusat perikanan andalan di Bangka Belitung. Selain Pantai Penyak, Bangka Tengah juga memiliki potensi wisata alam yang lain. Seperti Pantai Batu Beriga, Tanjung Berikat, Kulur Ilir, Pantai Pulau Ketawai, dan masih banyak lagi.

naskah : dodo iskandar
foto : joseph samson

33,268 total views, 1 views today

Comments

comments