Menggali Inspirasi dari Museum Kartini

Menggali Inspirasi dari Museum Kartini

Terletak di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di sisi utara Pendopo Kabupaten Jepara, Museum Kartini berdiri. Bangunan yang digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah RA Kartini ini nyaris tak pernah sepi dari pengunjung.

Luas bangunan museum mencapai 890 meter persegi. Sementara luas lahannya sendiri mencapai 5.210 meter persegi. Secara umum, Museum Kartini terbagi dalam tiga gedung. Salah satunya, kini difungsikan sebagai tempat kegiatan seni dan budaya.

Memasuki area museum, pengunjung langsung bisa melihat patung berwajah Kartini. Patung ini diletakkan di dekat pintu masuk. Melangkah lebih dalam, pengunjung bisa melihat beberapa koleksi museum, diantaranya satu set kursi dan meja, yang dulu biasa diduduki putri RM Sosroningrat, Bupati Jepara ini.

Di beberapa dinding ruang, kita juga bisa melihat lukisan dan foto-foto bersejarah. Selain foto-foto keluarga, nampak pula foto Kartini saat mengajar anak-anak pribumi di Jepara.

Seperti banyak ditulis di buku sejarah, Kartini dikenal sebagai perintis emansipasi wanita. Untuk itu, pada tahun 1975, Pemerintah Daerah Tingkat II Jepara mendirikan museum ini pada 30 Maret 1975. Dua tahun kemudian, bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, museum ini diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto, SH.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALERI

Comments

comments

Share:

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

Prosesi Menyambut Hari Raya Waisak di Gunung Kelir
Jatuh Bangun di Hari Proklamasi
Kampung Kemasan, Jejak Ketangguhan Saudagar Kulit Pribumi