Menapaki Jejak Sang Jendral Besar di Pacitan

Menapaki Jejak Sang Jendral Besar di Pacitan

Kabupaten Pacitan terkenal dengan wisata alamnya yaitu keindahan pantai dan goa hampir disetiap kecamatannya. Selain wisata alam terdapat pula wisata sejarah yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Wisata Sejarah Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman.

Terletak di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan ini pengunjung akan disambut sejumlah kata-kata motivasi sang jendral yang dituliskan di setiap gerbang menuju monumen.

Monumen yang dibangun untuk mengenang dan menjadi saksi perjuangan sang jendral ini diresmikan tanggal 15 desember 2008 dengan terdapat patung Panglima Besar Jendral Soedirman yang berdiri kokoh setinggi 8 meter.

Selain monumen sang jendral, di Dusun Sobo ini terdapat rumah sederhana yang dulu dijadikan markas Komando Gerilya APRI Panglima Besar Jendral Soedirman pada 1 april hingga 7 juli 1949, yang merupakan waktu terlama pasukan APRI bermukim disuatu daerah selama melakukan gerilya.

Rumah sederhana milik keluarga Karsosemito ini digunakan oleh pasukan APRI dalam masa gerilya ketika menghadapi Agresi Militer Belanda ke dua dengan menyerang kota Yogyakarta yang pada saat itu sebagai ibu kota Republik Indonesia sementara.

Kini rumah bekas markas pasukan APRI dapat dikunjungi oleh wisatawan yang akan dipandu oleh Supadi yang merupakan anak dari Karsosemito. Selain dapat menambah kasanah ilmu pengetahuan sejarah tentang Jendral Soedirman, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk di Dusun Sobo, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

FOTO SELENGKAPNYA KLIK GALLERY

Comments

comments

Share:

ARTIKEL PILIHAN LAINNYA

Peninggalan Kertanegara di Kaki Welirang
Benteng Penjaga di Tepian Laut Jepara
Perempuan Pemetik Tembakau