Mastercard memberikan donasi sebesar USD50.000 (atau sekitar 672 juta Rupiah) kepada perusahaan digital penyedia layanan telekomunikasi dan informasi terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo, guna mendukung program INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia), sebuah inisiatif yang berfokus untuk memberdayakan perempuan pengusaha (womenpreneurs) di wilayah pedesan Indonesia. Donasi tersebut memperkuat kembali komitmen bersama dari Indosat Ooredoo dan Mastercard untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat lokal serta memberdayakan perempuan dan menyediakan kesempatan bagi mereka untuk terus maju.

Donasi ini akan digunakan untuk membekali perempuan di wilayah pedesaan Indonesia dengan pelatihan, modal, dan kepercayaan diri untuk memulai usaha mereka sendiri. Donasi tersebut diserahkan oleh Ari Sarker, Co-President, Asia Pasifik, Mastercard kepada Alexander Rusli dari Indosat Ooredoo, pada saat berlangsungnya acara Mastercard Innovation Forum 2017 yang diadakan di Singapura.

Alexander Rusli dari Indosat Ooredoo mengatakan,”Di Indosat Ooredoo, kami berkomitmen memberdayakan perempuan Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta mewujudkan mimpi yang mereka miliki melalui inovasi, teknologi dan mobile internet. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Mastercard dalam inisiatif INSPERA kami, dimana donasi ini akan memungkinkan program tersebut untuk memberdayakan lebih banyak perempuan sekaligus dapat memajukan kehidupan mereka, baik untuk urusan rumah tangga ataupun terkait dengan pekerjaan mereka.”

Ari Sarker, Co-President, Asia Pasifik, Mastercard, mengatakan,”Inovasi dan inklusi tidak dapat berdiri sendiri-sendiri ketika kita ingin berinvestasi bagi kemajuan perempuan. Penelitian kami menunjukkan bahwa peluang kewirausahaan di Indonesia sangat melimpah, namun masih banyak perempuan yang kurang terlayani dan memiliki keterbatasan akses untuk mendapatkan keterampilan, teknologi dan dana untuk melakukan langkah awal yang penting. Dengan berkolaborasi bersama mitra strategis yang memiliki gagasan yang sama seperti Indosat Ooredoo, kami bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi lebih banyak perempuan untuk menggali potensi serta membantu mencapai tujuan mereka. Hal ini juga sejalan dengan upaya kami untuk senantiasa mendukung pertumbuhan ekonomi di pasar yang cukup dinamis ini.”

Diluncurkan pada tahun 2012, inisiatif INSPERA dari Indosat Ooredoo berfokus untuk menawarkan pelatihan fungsional melalui penggunaan teknologi mobile sekaligus memberikan bimbingan dan modal kerja serta memberikan pelatihan bagi perempuan pengusaha di wilayah pedesaan Indonesia tentang kemampuan dan kemandirian dalam berbisnis. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Indosat Ooredoo untuk terus meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung ke mobile internet di Indonesia dari 40 persen menjadi 43 persen pada tahun 2020.

Sebagai bagian dari Pemberdayaan Perempuan (Women Empowerment) dan sebagai salah satu pilar CSR dari Indosat Ooredoo, salah satu strategi dari INSPERA ialah melakukan serangkaian masterclass pelatihan profesional, serta talk show yang dipimpin oleh para tokoh perempuan dan pejabat pemerintah, di mana sesi ini memperdalam isu-isu yang berkaitan dengan era digital di Indonesia, membahas solusi teknologi dan peran perempuan Indonesia serta pengusaha mikro. Semua kegiatan dalam masterclass mengajarkan peserta untuk menggali peluang yang ditawarkan oleh teknologi dan dunia digital. Inisiatif ini membantu perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, mewujudkan impian mereka, dan memastikan bahwa mereka tidak tertinggal dalam mencapai tujuan bangsa Indonesia yang berambisi untuk menjadi bangsa digital yang terkemuka.

Mastercard dan Indosat Ooredoo memiliki sejarah kemitraan yang kuat, di mana baru-baru ini mereka bekerja sama untuk memungkinkan para penerima bantuan dari Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika (American Red Cross) menerima dana bantuan secara digital melalui telepon seluler mereka dengan memanfaatkan layanan Mastercard Send dan platform mobile money Dompetku (kini PayPro) dari Indosat Ooredoo. Pada tahun 2014, HomeSend, perusahaan patungan antara Mastercard, eServGlobal dan BICS menandatangani sebuah perjanjian kerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk menyediakan layanan pengiriman uang kepada lebih dari 60 juta pelanggan dari perusahaan tersebut di Indonesia agar dapat secara aman mengirimkan dan menerima dana dengan menggunakan jaringan mobile money terbesar di tanah air tersebut. (sp/dodo w)

153 total views, 1 views today

Comments

comments