Berbagai inovasi terus dilakukan olah manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam memperbaiki layanannya. Hal inilah yang membuat banyak instansi tertarik untuk melakukan kunjungan atau study banding ke Pelabuhan Tanjung Emas. Salah satunya, Rabu (20/9) Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas menerima kedatangan rombongan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

Tujuan kunjungan tersebut dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklatpim IV) yang bertemakan merancang Benchmarking to Best Practice proyek perubahan dan membangun tim yang bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi. Rombongan diterima langsung oleh General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas di VIP room Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas.

Sedikitnya 40 peserta rombongan yang terbagi menjadi lima kelompok tersebut terlihat sangat aktif selama kunjungan berlangsung. General Manager Pelindo III Tanjung Emas, Agus Hermawan menyampaikan gambaran umum terkait Pelabuhan Tanjung Emas dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan manajemen. “Kiranya melalui kunjungan ini, dapat menambah wawasan para peserta serta melihat secara langsung aktifitas yang ada di Pelabuhan Tanjung Emas,” tuturnya.

Senada dengan Agus, Ketua Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarno menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pelindo III atas penerimaan dan pendampingan selama kunjungan agar para peserta diklat memperoleh ilmu dan wawasan secara nyata dari bisnis kepelabuhanan. “Kami harapkan setelah kunjungan ini, para peserta dapat memperoleh ilmu dan menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya dapat dipraktekkan di instansinya masing-masing,” imbuhnya.

Rangkaian acara berlangsung komunikatif melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab. Narasumber yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut merupakan pejabat terkait di Pelindo III Tanjung Emas yang menangani beberapa bidang yaitu Manager Operasi, Manager Teknologi Informasi, Supervisor Polder. Para peserta Diklat sangat antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi-strategi pelayanan yang diterapkan oleh Pelindo III Tanjung Emas melalui beberapa pertanyaan yang disampaikan.

Agenda diakhiri dengan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi seperti Dermaga Nusantara, Rumah Polder, dan Terminal Pelabuhan Dalam untuk melihat fasilitas pelabuhan, kegiatan bongkar muat barang serta sistem polder untuk menanggulangi rob di Pelabuhan Tanjung Emas.

72 total views, 1 views today

Comments

comments