Bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional 2018, Indosat Ooredoo menegaskan kembali komitmennya untuk terus memberdayakan perempuan Indonesia yang diimplementasikan melalui salah satu pilar program CSR-nya yang berfokus pada perempuan yang disebut INSPERA (Inspirasi Perempuan Indonesia). INSPERA berfokus pada program pemberdayaan perempuan dengan tujuan utama untuk meningkatkan jumlah perempuan yang bisa mengakses internet dan teknologi digital dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Kami percaya bahwa perempuan memiliki peran penting dalam mencapai kemajuan suatu bangsa secara keseluruhan. Pemberdayaan perempuan akan meningkatkan peran mereka secara lebih signifikan, termasuk melalui pemanfaatan internet dan teknologi digital yang tidak hanya menjadi jendela informasi yang lebih luas, namun juga membuka berbagai manfaat dan peluang dari sisi ekonomi untuk perempuan. Kami berharap program INSPERA akan memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia melalui komitmen kami untuk meningkatkan jumlah perempuan Indonesia yang terhubung ke mobile internet menjadi 43% di tahun 2020,“ demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Literasi digital bagi kaum perempuan tidak hanya dilakukan melalui program pembinaan dan pelatihan, namun juga melalui program kompetisi digital tahunan The 11th Indosat Ooredoo Wireless Innovations Contest (IWIC), yang membuka kategori khusus untuk Women & Girls. Program ini memfasilitas kaum perempuan untuk menyampaikan ide inovasi dan karya aplikasi dalam sebuah kompetisi, dimana sebanyak 556 peserta perempuan telah turut berkompetisi dalam ajang bergengsi ini.

Program Literasi Digital bagi Wanita Pedagang Pasar dan Wanita Purna TKI yang dilaksanakan di Sukabumi bagi para wanita pedagang pasar dan purna TKI, dengan memberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan melalui pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produk wirausaha mereka, termasuk bagaimana memanfaatkan e- commerce. Lebih dari 100 wanita dari desa-desa kantong TKI di daerah Sukabumi telah mengikuti dan menikmati manfaat dari program ini.

Selain itu Indosat Ooredo secara konsisten juga berupaya untuk membina berbagai komunitas kerajinan perempuan, dengan mengikutsertakan mereka di berbagai pameran di tingkat nasional, sehingga produk dan karya mereka dikenal pihak luas. Indosat Ootedoo mendukung kegiatan Pameran Kerajinan Kriyanusa Nusantara dengan memboyong wanita pengrajin binaan perusahaan, untuk tampil dalam ajang pameran ini, antara lain Komunitas Wanita Purna TKI dari Sukabumi dan Indramayu, serta Komunitas Wanita Pengrajin Batik Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah.

Sementara itu, perhatian terhadap pemberdayaan perempuan juga diberikan perusahaan secara internal kepada karyawan perempuan. Perusahaan memberikan kesempatan yang sama kepada karyawan perempuan untuk bisa berprestasi dan berkontribusi setara dengan karyawan pria, termasuk menjadi pemimpin di jajaran manajemen perusahaan, bahkan di bidang yang biasanya menjadi area kaum pria seperti bidang teknologi dan jaringan telekomunikasi. Saat ini perusahaan mencatat lebih dari 200 karyawati yang menjadi pemimpin pada level Departemen, Divisi, Group, bahkan Direksi.

Berbagai inisiatif dalam rangka pemberdayaan perempuan ini telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak antara lain The Global CSR Summit & Awards and The Global Good Governance Awards 2017 untuk kategori Best Community Programme Award – Platinum, The Global CSR Summit & Awards and The Global Good Governance Awards 2017 untuk kategori Empowerment of Women Award – Bronze, serta World Communications Awards 2017 untuk kategori Social Contribution Award – Indosat Ooredoo INSPERA. (sp/nasarudin m | foto : istimewa)

146 total views, 1 views today

Comments

comments