Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyelenggarakan serangkaian acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa sampai Rabu, 4-5 Desember 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Rangakaian acara Hakordia ini secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dilanjutkan dengan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK). “Acara ini adalah momentum mengingat, mereview dan melanjutkan pemberantasan korupsi. Baik upaya penindakan dan pencegahan korupsi harus menjadi gerakan bersama baik lembaga, masyarakat sipil dan masyarakat luas, ” kata Joko Widodo dalam sambutannya.

Penyelenggaraan KNPK ke 13 mengusung tema “Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik Indonesia”. Tema tersebut diangkat dalam rangka mewujudkan pesta demokrasi yang berintegritas melalui pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif serentak tahun 2019. “Dalam acara ini, ketua dan pimpinan partai politik akan berjanji dan berkomitmen demi kebaikan Indonesia,” ungkap Ketua KPK, Agus Rahardjo.

Konferensi Nasional ini menghadirkan pembicara Ketua KPK Agus Raharjo, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Selain itu, hadir pula ketua umum/sekjen dari 16 partai politik peserta pemilu 2019 yang menandatangani komitmen implementasi sistem integritas di partai politik.

Seperti tahun sebelumnya, KPK juga mengadakan lelang barang rampasan negara dan gratifikasi. Mobil Mercedes A45 AMG AT (W176) tahun pembuatan 2015 dan motor Harley Davidson Spotster XL883C yang merupakan barang rampasan negara ditunjukan dalam acara tersebut. Lelang dilaksanakan secara online melalui laman lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Dalam upaya mewujudkan integritas dunia usaha, KPK juga menyelenggarana acara International Business Integrity Conference (IBIC). Konferensi tahunan ini menampilkan diskusi tentang bagaimana program kepatuhan internal, inisiatif antikorupsi, dan langkah-langkah integritas lainnya yang dapat melindungi aset dan reputasi perusahaan.

Beberapa agenda lain yang dilaksanakan sebagai rangkaian Hakordia 2018 adalah talkshow “Saya, Perempuan Antikorupsi” (SPAK), Festival Digital Media Pemerintah dan penghargaan lembaga dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik serta pelaporan LHKPN terbaik 2018

PAmeran hari antikorupsi terbuka untuk umum. Pengunjung bisa mengunjungi berbagai booth pameran inovasi anti korupsi dari berbagai kementerian, lembaga, aparat penegak hukum, BUMN dan lembaga lain di sepanjang selasar ruang Birawa-Binakarna hotel Bidakara. (julia tri sarasdewi | foto : dok kemenpar)

1,182 total views, 1 views today

Comments

comments