Setelah sebelumnya kunjungan Kapal USNS Millinocket sukses dilaksanakan pada tanggal 6 September 2017 Di Dermaga Umum Pelabuhan Tanjung Wangi. Pagi ini (13/9) pukul 10.00 WIB, kembali sandar Kapal perang Amerika Serikat USNS Fall River. Kedua kapal tersebut merupakan kapal sister ship yang memiliki bentuk dan dimensi yang sama.

Kapal perang dari negara Amerika Serikat USNS Fall River bersandar mulus di Area ISPS Code Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Tibanya kapal tersebut merupakan salah satu bentuk hubungan diplomatic antara Indonesia dengan Amerika Serikat, melalui latihan kemiliteran Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) yang dilaksanakan oleh US Marine dengan TNI Angkatan Laut.

Daddy Sumartono Manager SDM, Umum dan Kesisteman Pelindo III Cabang Tanjung Wangi menjelaskan bahwa Pelindo III berupaya memberikan pelayanan dan pengamanan terbaik terhadap tamu Negara tersebut. “Pelabuhan Tanjung Wangi telah menyediakan Area ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code) yang merupakan area terbatas diperuntukkan untuk lokasi bersandar kapal asing,” papar Daddy.

Sebelumnya pada bulan Juli 2017 delegasi dari Kantor Kedubes Amerika telah datang ke Tanjung Wangi untuk melakukan survei lokasi, delegasi tersebut memeriksa seluruh kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh Pelindo III Tanjung Wangi. “Fasilitas-fasilitas yang mereka minta pada saat survei telah kami penuhi,” imbuh Daddy.

USNS Millinocket dan USNS Fall River merupakan kapal support yang dimiliki oleh US Marine jenis Spearhead-class expeditionary fast transport (Ekspedisi Transportasi Cepat). Kapal ini memiliki panjang 103 meter, lebar 28,5 meter, draft 3.8 meter, dan berat kapal mencapai 2.400 ton.

Kedatangan USNS Fall River di Pelabuhan Tanjung Wangi disambut langsung oleh Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Nazarudin yang didampingi oleh General Manager Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Wangi, Edy Sulaksono.

Komandan kapal Captain (N) D.C. Bradshaw menyampaikan pujiannya saat mendapatkan rangkaian bunga penyambutan serta Lantunan Tari Gandrung dan music tradisional Banyuwangi. “Nice place” ungkapnya.

Yoga Sanggar, Manager Operasi PT Pasundan Jaya Jakarta, Agen kapal USNS Milinocket dan USNS Fall River yang mendapat penunjukan dari TNI Angkatan Laut mengungkapkan bahwa kali pertama dirinya menjadi agen kapal di Pelindo III Tanjung Wangi. Saat ditanya pengalamannya tersebut, dia mengungkapkan bahwa telah mendapat kemudahan transaksi di Pelabuhan Tanjung Wangi. “ Pelindo III Tanjung Wangi sudah menerapkan aplikasi online untuk proses pengajuan sandar kapal dan pembayaran, sehingga kami tidak perlu bolak balik ke Kantor Pelabuhan Tanjung Wangi,” ungkapnya.

Kegiatan Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Wangi tetap beroperasi.

Disaat yang bersamaan, Pelabuhan Tanjung Wangi juga melayani kegiatan bongkar muat curah cair dan curah kering. Pelabuhan Tanjung Wangi yang memiliki panjang Dermaga 543 meter dan kedalaman -12 s.d -14 Lws juga sedang disandari kapal MV. Golden Ocean dengan GT 20.986 Ton LOA 176 meter untuk bongkar pupuk curah sedikitnya 29.000.000 ton.

Selain itu Golden Sentosa dengan GT 1.011 Ton LOA. 65,54 meter juga telah sandar sebelumnya untuk kegiatan muat curah cair sebanyak 1.400 m³, serta sandar pula kapal Luminor 9 dengan GT 2.384 LOA 80.7 meter yang sedang bongkar minyak sawit sebanyak 1.500 ton.

“Safety First, dan kami berupaya mengkodisikan wilayah seefektif mungkin, sehingga seluruh kegiatan terlayani dengan baik, serta arus logistik di Pelabuhan Tanjung Wangi dapat berjalan dengan lancar.” ungkap Tjandra Sukmana, Manager Operasi dan Komersial Pelabuhan Tanjung Wangi.

90 total views, 1 views today

Comments

comments